Etika dan norma pada SDM
Etika dalam fungsi SDM berkaitan dengan pembuatan keputusan yang etis pada setiap level proses MSDM.
Hak – hak pekerja yang harus dipenuhi:
- Hak atas pekerjaan, kerja merupakan HAM karena dgn hak atas hidup.
- Hak atas upah yang adil, sehingga tidak ada diskriminatif dalam pemberian upah.
- Hak untuk berserikat dan berkumpul, dapat menjadi media advokasi bagi pekerja.
- Hak untuk perlindungan keamanan dan kesehatan,
- Hak untuk diproses hukum secara sah, hak untuk diperlakuan secara sama,
- Hak atas rahasia pribadi, dan
- Hak atas kebebasan suara hati.
Menciptakan Hubungan Perburuhan yang Sukses:
- Membentuk komite karyawan dan manajemen.
- Membuat buku pegangan karyawan.
- Sistem pengupahan yang profesional.
- Menciptakan suasana kerja yang kondusif.
- Menampung keluhan, saran dan kritik karyawan.
Whistle Blowing
Merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang karyawan untuk membocorkan kekurangan yang dilakukan oleh perusahaan atau atasannya kepada pihak lain.
Whistle blowing berkaitan dengan kecurangan yang merugikan perusahaan sediri maupun pihak lain.
Whistle bowing dibedakan menjadi 2 yaitu whistle blowing internal dan whistle blowing eksternal.
1 Whistle blowing internal terjadi ketika seorang karyawan mengetahui kecurangan yang dilakukan karyawan kemudian melaporkan kecurangan tersebut kepada atasannya.
2 Whistle blowing eksternal terjadi ketika seorang karyawan mengetahui kecurangan yang dilakukan oleh perusahaan lalu membocorkannya kepada masyarakat karena kecurangan itu akan merugikan masyarakat.
Konsekuensi
Dari Perilaku Yang Tidak Etis
Perilaku etis sangat penting dalam kesuksesan bisnis jangka panjang.
Tapi apabila yang timbul dan tumbuh adalah perilaku yang tidak etis maka akan
berakibat yang tidak inginkan. Dilihat dari dua perspektif yaitu perspektif
mikro dan perspeltif makro. Perspektif mikro etika diasosiasikan dengan adanya
kepercayaan. Kepercayaan yang dibangun melalui perilaku etika akan mempengaruhi
hubungan perusahaan dengan supplier, customer maupun dengan karyawan.Apabila
kepercayaan dibangun melakui perilaku yang tidak etis maka kepercayaan customer
akan berkurang kepada karyawan maupun organisasi. Sedangkan perspektif makro
etika meliputi suap-menyuap, paksaan, penyalahgunaan informasi, pencurian dan
diskriminasi akan mengakibatkan inefisiensi dalam pengalokasian sumberdaya.
Sebab Perilaku Yang Tidak Etis
Penyebab perilaku tidak etis meliputi tiga aspek yaitu:karyawan
memiliki kemampuan kognitif yang rendah menyebabkan tingkat penerimaan yang
kurang baik, adanya pengaruh orang lain, keluarga ataupun norma sosial menjadi
lebih menentukan dalam mempengaruhi perilaku karyawan, adanya ethical dilemma
yaitu situasi yang menyebabkan adanya pilihan-pilihan yang muncul yang
berpotensi menghasilkan perilaku yang tidak dapat diterima, ethical dilemma
muncul dikarena adanya ketidaksesuaian antara personel, organisasional dan
profesional.
Konsep Etika Bukan Sekedar Kode Etik
Kode etik menetapkan aturan
kehidupan organisasi, termasuk tanggung-jawab professional, pengembangan
professional, kepemimpinan yang etis, kejujuran dan keadilan, konflik
kepentingan, dan megunakan informasi. Banyak organisasi
yang mempunyai kode etik yang formal dalam organisasi tetapi pengaruh kode etik
dalam perilaku anggotanya perlu dipertanyakan. Banyak anggota yang menganggap
kode etik hanya sebagai hiasan saja. Kode etik perusahaan tidak akan efektif
jika tidak didukung dengan norma-norma informal yang berlaku. Bagaimanapun juga
kode etik harus sesuai dengan norma-norma dalam organisasi , disebarluaskan
kepada karyawan dan benar-benar dijalankan. Kode etik perusahaan belum bisa mampu membangun sebuah peusahaan etis.
Oleh sebab itu perlu adanya konsep etika yang matang yang tidak hanya mampu
mengurangi kerugian yang berakibatkan perilaku karyawann yang tidak etis,
tetapi juga membuat suatu konsep etika yang mampu membangun budaya etis
organisasial.Salah satu prinsip dasar dari kode etik perhimpunan Manajer SDM dan Standar Profesional dalam MSDM ditetapkan bahwa ” Sebagai Profesioanl SDM, mempunyai tanggung-jawab untuk memberikan nilai tambah pada organisasi yang dilayani dan memberikan kontribusi bagi keberhasilan etika organisasi”.
Manajer SDM dapat membantu mendorong budaya etis, artinya lebih dari sekedar menggantung poster kode etik di dinding. Sebaliknya, karena pekerjaan utama profesional SDM adalah berhubungan dengan orang, mereka harus membantu untuk mempraktekkan etika ke dalam budaya perusahaan. Mereka perlu membantu membangun lingkungan di mana karyawan bekerja di seluruh organisasi untuk mengurangi penyimpangan etika.
Perencanaan Strategi Konsep Etika
Manajemen sumber daya manusia tidak hanya berperan sebagai
penyusunan kode etik perusahaan, merncanakan sumber daya manusia yang etis yang
mampu menciptakan nilai tambah ekonomi juga harus berperan sebagai perencanaan
strategi konsep etika.langkah-langkahnya:
1.
Menentukan standar etika yang
ingin ditanamkan.
2.
Mengindentifikasi faktor-faktor
etis kritikal yang dapat digunakan dalam mendorongnya konsep etika perusahaan.
3.
Mengindentifikasi kemampuan,
prosedur, kompetensiyang diperlukan.
4.
Mengintegrasikan konsep etika
dalam strategi bisnis yang dilakukan.
5.
Mengembangkan
langkah-langkah konkret yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan,
mengawasi dan mengevaluasi konsep etika yang dijalankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar